Sejarah Radio Yang Harus Kita Ketahui

Radio merupakan alat elektronik yang pada saat sekarang ini sudah sangat jarang digunakan. Hal ini tentu dikarenakan oleh perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Peralatan radio menggunakan penangkapan gelombang radio, sehingga kita dapat mendengar berita ataupun musik melalui radio. Dimana gelombang radio ini diambil dari sinyal radio yang di transmisikan melalui gelombang data yang kontinyu.

Baca Juga:


Gelombang data kontinyu ini pun juga bisa menggunakan dua modulasi:
1. Modulasi Amplitudo (AM)
2. Modulasi Frekuensi (FM)

Pada saat sekarang ini, pengiriman sinyal radio tidak lagi hanya dengan menggunakan gelombang radio. Namun pada saat sekarang pengiriman sinyal radio sudah menggunakan sinyal digital, dengan menggunakan smartphone ataupun handphone kita sudah dapat mendengarkan radio.

Radio pada zaman dahulu
Sumber Foto: creepypasta.wikia.com
Dahulunya sejarah mencatat bahwa radio sudah digunakan sejak tahun 1900-an, dimana orang yang menjadi penemu radio adalah Guglielmo Maroni. Ia adalah orang yang berjasa dengan menemukan teknologi baru dimasanya yaitu radio.

Penggunaan radio digunakan pada awalnya adalah untuk kepentingan para pelaut. Ketika itu radio digunakan sebagai alat komunikasi atara orang yang berlayar ke tengah laut dengan orang yang berada di daratan. Selain itu radio juga digunakan pada saat perang dunia kedua.

Baca Juga Artikel lainnya:


Popularitas radio mulai hilang semenjak munculnya telvisi yang dapat menggatikan peran radio jauh lebih baik. Karena dengan televisi, kita tidak hanya dapat mendengarkan suara, tetapi juga dapat melihat gambar nya secara langsung.

Sehingga hal ini tentu lebih menarik dari pada radio yang hanya dapat mengeluarkan suara saja. Nah itulah sedikit sejarah mengenai Radio.

Thanks For Waching



0 Response to "Sejarah Radio Yang Harus Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel