Curcumin, Senyawa Hebat Atasi Nyeri Haid

Curcumin, Senyawa Hebat Atasi Nyeri Haid
Jahe adalah salah satu obat herbal yang paling sering diresepkan untuk rasa sakit yang terkait dengan siklus menstruasi. Bagi sebagian orang, nyeri haid dapat melemahkan, menyebabkan ketidakhadiran dari sekolah atau pekerjaan. Pilihan pengobatan konvensional untuk periode yang menyakitkan, yang secara klinis disebut sebagai "dismenore," dinilai kurang dan wanita seringkali menggunakan kontrasepsi hormonal atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Selama pendarahan bulanan, zat yang disebut prostaglandin dilepaskan untuk memicu kontraksi di dalam rahim, yang membantu mengeluarkan lapisannya. Fungsi penting lain dari prostaglandin adalah memediasi respons peradangan. Ini berarti bahwa pada awal, perdarahan menstruasi melibatkan beberapa tingkat peradangan, dan wanita dengan tingkat prostaglandin yang lebih tinggi mengalami nyeri kram yang lebih parah. Inilah yang seringkali dipertanyakan, sakit perut saat haid apakah berbahaya atau tidak. Faktor lain yang menghubungkan peradangan dengan nyeri haid adalah protein C-reactive (CRP). CRP adalah biomarker yang biasa digunakan dalam penelitian medis untuk mengidentifikasi peradangan. Satu studi menemukan bahwa wanita dengan tingkat CRP sensitivitas tinggi yang lebih tinggi mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang lebih besar, termasuk kram perut dan nyeri punggung.

Efek anti-inflamasi dari jahe dan kunyit dalam konteks beberapa penyakit dan kondisi medis, dan tampaknya efek ini meluas ke peradangan dan rasa sakit terkait menstruasi. Pada 2016 tinjauan sistematis dan analisis meta diterbitkan yang meneliti efektivitas jahe sebagai cara mengatasi nyeri haid hari pertama. Jenis penelitian ini mengumpulkan data dari setiap percobaan yang diterbitkan sebelumnya yang memenuhi kriteria inklusi tertentu. Ketika data dari ulasan ini dianalisis, jahe ditemukan lebih efektif daripada plasebo dalam moderat nyeri haid, dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam efektivitas pengurangan rasa sakit antara jahe dan NSAID yang umum.

Curcumin, senyawa bioaktif dalam kunyit, juga dibandingkan dengan NSAID untuk menghilangkan rasa sakit. Jahe dan kunyit dapat dikonsumsi dengan aman sepanjang bulan dan memberikan rasa yang luar biasa pada makanan dan minuman. Jika Anda seorang wanita yang sedang menstruasi, tambahkan beberapa rempah tambahan sebelum dan selama menstruasi, dan Anda akan menuai manfaat anti-inflamasi dari ramuan ini.

0 Response to "Curcumin, Senyawa Hebat Atasi Nyeri Haid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel