Apakah Yang Menjadi Perbedaan Antara Budaya dan Tradisi?

Sumber: lokakarya.com
Mungkin diantara kita ada yang bingung perbedaan antara budaya dan tradisi, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara rinci perbedaan antara kedua hal tersebut.

Apakah yang menjadi perbedaan antara budaya dan tradisi?
Mari kita akan membahas permasalahan ini secara satu per satu:

Baca Juga: 


1. Budaya
Sumber: sbkindonesia.org
Seperti kita ketahui, budaya diambil dari bahasa sanskerta. Dimana budaya dalam bahasa sanskerta adalah buddhayah, sedangkan buddhayah itu sendiri merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang artinya budi atau akal.

Jadi dalam bahasa sanskerta budaya dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan budi pekerti dan akal manusia. Jika kita mengartikan budaya ke dalam bahasa Inggris maka artinya adalah culture yang secara lisan biasa kita sebut kultur.

Secara umum budaya merupakan suatu cara hidup sebuah kelompok yang berkembang dan dimiliki bersama, serta diwariskan dari generasi ke generasi oleh kelompok tersebut.

Budaya itu sendiri terbentuk dalam sistem yang komplek, yang didalamnya termasuk semua unsur yang ada di dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah seperti unsur agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, karya seni dan bahkan bangunan.

2. Tradisi
Sumber: shopback.co.id
Mungkin kita semua sudah banyak yang memahami mengenai tradisi, tetapi apakah yang dimaksud dengan tradsi tersebut?

Secara umum tradisi adalah segala hal yang disalurkan atau diwariskan dari masa lampau ke masa saat sekarang ini. Sehingga tradisi atau warisan tersebut dapat terjaga dan tidak hilang.

Jika kita mengartikan tradisi secara spesifik tradisi merupakan warisan-warisan sosial yang khusus dan memenuhi kriteria tertentu, dimana warisan tersebut memiliki ikatan yang kuat dengan kehidupan pada saat sekarang ini. Tentu untuk spesifikasi dari tradisi ini mengandung makna tertentu yang tentunya mendidik.

Adapun tradisi berdasarkan aspek benda atau material bisa didefinisikan benda material yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan pada saat sekarang ini. Maksudnya disini adalah benda atau material peninggalan yang keberadaannya masih ada sampai saat sekarang ini.

Sedangkan untuk contoh dari tradisi benda atau material ini adalah seperti candi, keris, kereta kencana, foto, dan benda atau material bersejarah lainnya.

Sudah faham mengenai perbedaan antara tradisi dan budaya?

Semoga artikel tentang ilmu pengetahuan ini bermanfaat, dan isi artikel ini di ambil dari beberapa buku referensi seperti buku Kuntowijoyo, yang membahas tentang budaya dan masyarakat yang diterbitkan oleh Tiara Wacana Jogja dan beberapa buku referensi lainnya. Setelah itu penulis aplikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Thank for waching and Regard

0 Response to "Apakah Yang Menjadi Perbedaan Antara Budaya dan Tradisi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel