Membuat Industri Kreatif Seperti Hand Made Merupakan Salah Satu Peluang Bagi Mahasiswa


Industri kreatif yang ada di Indonesia semakin hari semakin berkembang, baik itu dari sektor logam mulia, kayu, dan sektor-sektor lainnya. Mungkin di antara sobat semua ada yang memiliki keterampilan dalam membuat industri kreatif, mungkin hal tersebut harus sobat kembangkan.

Biasanya orang yang bisa membuat industri kreatif ini adalah orang-orang yang rajin berusaha. Mungkin jika ada di antara sobat ada yang berfikir bahwa orng-orang yang dapat mengembangkan industri kreatif adalah orang-orang berbakat saja. Sebaiknya buang jauh-jauh deh pemikiran kuno seperti ini!!!

Baca Juga:


Sekarang zamannya bukan zaman old lagi, sekarang ini adalah zaman Now yang harusnya lebih baik dari zaman-zaman sebelumnya. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus sobat miliki sebelum memulai industri kreatif, terutama bagi mahasiswa-mahasiswa yang dari keluarga kurang mampu.
Sumber: Radar Kampus
Sedangkan bagi mahasiswa-mahasiswa yang merasa berasal dari keluarga mampu mending jangan diem aja deh. Karena bisa jadi nanti harus hidup susah seperti teman-teman kalian yang kurang mampu. Jadi keluarkanlah semangat muda kalian para mahasiswa, jangan jadi mahasiswa loyo yang kerjaannya kupu-kupu (kuliah pulang- kuliah pulang).

Memang sih jadi mahasiswa yang suka berorganisasi itu sangatlah baik, namun carilah sebuah peluang melalui organisasi yang kalian masuki tersebut. ex: Organisasi olahraga, maka yang harus kalian putar otaknya adalah bagaimana bisa mendapatkan uang dari organisasi tersebut. Tetapi jangan lakukan hal-hal yang akan merugikan orang lain deh. Karena hal tersebut sangat tidak baik, sebaiknya kalian fikirkan bisnis apa yang profit kl kita dalam organisasi olahraga.

Atau organisasi lain seperti pramuka, pasti ada peluang bisnis yang dapat kita kembangkan. Pada kesempatan kali ini penulis tidak akan memberikan saran kepada kalian para mahasiswa, karena kalian mungkin jauh lebih ahli dari diri penulis sendiri.
Jadilah mahasiswa yang selalu berfikir kreatif
Bukannya penulis ingin sombong atau bagaimana, tetapi penulis sendiri dahulunya juga bukan sosok mahasiswa yang pekerjaannya hanya kupu-kupu atau mahasiswa yang hobi berorganisasi. Kalau istilah saya den teman-teman di kampus adalah kuker-kuker, yaitu kuliah kerja- kuliah kerja.

Namun bagi teman-teman yang kuliah sambil berorganisasi ataupun bekerja, berpandai-pandailah membagi waktu kalian. Jangan pernah kalian sia-siakan umur kalian, karena seperti pepatah orang barat setiap detiknya itu adalah uang.

Untung industri kreatif yang penulis geluti dulu adalah pembuatan perhiasan dari logam perak. Melalui pekerjaan inilah penulis dahulunya dapat menguliahkan diri sendiri dan orang tua tidak perlu lagi pusing dengan biaya kuliah yang mahal tersebut.
Mahasiswa kreatif yang tidak pernah pantang menyerah
Industri kreatif seperti hand made yang mungkin akan penulis kasih tau agar nantinya dapat menjadi peluang bisnis untuk para mahasiswa adalah pembuatan bunga. Jangan malu jika kita memiliki sebuah ide brilian, karena bisa saja ide tersebut menjadi peluang bisnis kita ketika seselai berkuliah nanti.

Biasanya pembuatan bunga ini penjualannya akan bagus ketika waktu orang-orang lagi wisuda, dan hari-hari biasa pun kalian juga tetap bisa memasarkannya. Kalau di hari-hari biasa pasarkanlah kepada orang-orang yang potensial untuk membeli, seperti kepada orang yang sedang berpacaran.

Bagi teman-teman yang berjiwa enterpreneur tentu akan menyambut dengan baik ide ini, namun bagi teman-teman yang pemalas dan tidak percaya diri pasti langsung bilang. Ah, ide bodoh apa ini.
Bunga dari kain Flanel
Sumber: hidupsimpel
Namun jangan salah deh, karena usaha ini tidak akan berhenti sampai disitu saja loh. Jika kalian emang mau cari profit yang besar, kalian juga bisa membuat bunga yang berukuran besar untuk pesta pernikahan. Atau bunga tersebut bisa kalian jual kepada keluarga yang sedang mengadakan pernikahan sebagai merchandise untuk para tamunya.

Untuk bunga merhandise ini buatlah bunga yang minimalis, sehingga harganya tidak mahal. Dan keluarga yang sedang mengadakan pesta pernikahan pun mau membeli bunga hasil karya kalian tersebut.

Apakah kalian sudah puas untuk informasi ini?

Jika kalian berkenan silahkan share ke teman-teman yang lain ya.

thanks for waching and regard

0 Response to "Membuat Industri Kreatif Seperti Hand Made Merupakan Salah Satu Peluang Bagi Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel