Ternyata Sumatera Barat Penghasil Gambir Terbesar Di Dunia


Gambir merupakan sejenis getah tumbuhan yang dikeringkan dari hasil ekstrak perasan daun dan ranting tumbuhan gambir. Nama latin Gambir sendiri adalah Uncaria Gambir Roxb.

Gambir memiliki banyak sekali manfaat sehingga banyak permintaan terhadap penghasilan perkebunan masyarakat ini. Gambir yang memiliki kualitas yang sangat baik hanya ada di dua negara di dunia yaitunya Indonesia dan Brazil.

Baca Juga:



Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil gambir dan pengekspor gambir terbesar di dunia. Dari data Bps pangsa pasar gambir dunia yang terbesar adalah berasal dari Indonesia. Dengan  angka 80% Indonesia berhasil mengusai pangsa pasar gambir serta menjadi salah satu pengespor gambir terpenting di dunia.


Bayangkan saja jika Indonesia tidak mengekspor gambir, mungkin perusahaan-perusahaan kecantikan dan obat-obatan harus mencari alternaif lain untuk melengkapi bagian dari produk-produk mereka agar memiliki kualitas yang baik. Karena gambir ini nantinya berguna untuk kesehatan, kecantikan, bahan baku industri tekstil dan masih banyak lagi manfaatnya.

Dibalik itu semua, yang sangat mencengangkan adalah 90% produksi gambir di Indonesia dihasil oleh produksi Sumatera Barat. Dari hasil produksi Sumatera Barat tersebut 80% nya berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota dan sisanya berasal dari pesisir selatan.

Untuk negara-negara yang biasa mengimpor gambir dari Indonesia diantaranya India, Singapura, Australia, Banglades, Hongkong, Malaysia, Nepal dan masih banyak lagi negara-negara lainnya. Negara India lah yang menjadi negara pengimpor gambir terbanyak yaitunya 68%.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat. Dan berbangga lah Indonesia tidak selalu mengimpor barang, tetapi juga banyak mengekspor barang. Namun sayangnya barang atau produk yang di ekspor adalah bahan mentah. Semoga suatu saat generasi penerus bangsa dapat mengolah hasil-hasil dari baik itu tambang maupun pertania yang ada di Negara Indonesia.

Thanks and Regard

0 Response to "Ternyata Sumatera Barat Penghasil Gambir Terbesar Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel