Jorong Sonsang dan Destinasi Wisata Taman Tirtasari [Wisata]


         Jorong Sonsang adalah sebuah desa yang indah yang dikelilingi oleh perbukitan, dan di desa ini kita akan disuguhi pemandangan sawah-sawah yang terbentang dari desa Jorong Sonsang sampai desa Air Tabik, Simpang Ampek dan Kaluang.

         Keindahan ini ditambah lagi dengan kekompakan masyarakat yang ada di Jorong Sonsang ketika pada musim bercocok tanam. Biasanya para ibu-ibu akan ke sawah secara bersama-sama dan bercocok tanam dengan cara badomba atau gotong royong. dan aktifitas ini biasanya dikerjakan sampai sebelum masuk waktu sholat zuhur.

Baca Juga:


         Selesai bekrja dari sawah biasanya mereka biasanya akan melanjutkan dengan menjahit atau menenun jilbab ataupun mukena. Dimana kerajinan tenun ini sudah dilakoni oleh ibu-ibu yang ada di jorong sonsang semenjah puluhan tahun yang lalu dan diajarkan secara turun temurun.

         Sedangkan untuk bapak-bapak yang berada di Jorong Sonsang, selain juga ikut andil dalam menolong ibu-ibu yang bekerja di sawah, juga ada yang berprofesi sebagai tukang bangunan, berkebun, beternak, dan lain-lain. dan ada juga yang berprofesi sebagai pengrajin perhiasan perak. Jika di Indonesia pengrajin perhiasan perak yang terkenal itu yaitu Yogyakarta dan Bali. Namun jika di Sumatera Barat selain Koto Gadang, ada juga Jorong Sonsang yang mayoritas kaum laki-lakinya memiliki profesi sebagai pengrajin perhiasan perak.

        Pada saat sekarang ini Jorong Sonsang juga diperindah dengan dibuka kembalinya tempat wisata yaitu Taman Tirtasari yang mana pada tahun 1960 an tempat ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Sekarang siapa yang tidak tau dengan Taman Tirtasari, selain disuguhkan dengan pemandangan, disana kita juga disuguhi dengan wahana Kereta air dan balon air. Tambah lagi sebentar lagi juga akan dibuat wahana Flyover, wah mungkin pengunjungnya akan bertambah banyak lagi. Dan kabarnya akan ada lagi tambahan wahana lain tetapi wahananya masih dirahasiakan karena butuh waktu dalam pengadaan wahana barun tersebut.

0 Response to "Jorong Sonsang dan Destinasi Wisata Taman Tirtasari [Wisata]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel